free page hit counter

Kapal Pesiar Genting Dreams Turunkan Ribuan Wisman di Lagoi Bintan

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kapal pesiar Genting Dreams lego jangkar lagi di perairan Lagoi Bintan membawa sekitar 2.679 turis wisatawan mancanegara (wisman), Sabtu (6/4/2019). Ratusan turis turun ke Lagoi Bintan, menikmati keunikan, dan keindahan alam Bintan yang memang sudah mendunia.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Bintan Drs Wan Rudi kepada suarasiber.com. Menurutnya, kedatangan kapal pesiar Genting Dreams ini sudah berlangsung rutin nyaris di setiap akhir pekan.

Setiap kapal Genting Dreams berlabuh, ujarnya, ada ratusan wisman yang sengaja turun ke darat. Hal itu membawa dampak positif bagi pariwisata Lagoi Bintan khususnya, dan Kepri umumnya.

“Ada ratusan yang turun, dan melaksanakan berbagai kegiatan di Lagoi Bintan. Ini memberi efek positif untuk pariwisata kita,” kata Wan Rudi.

Didominasi Wisman Asal Singapura

Dadang Rizky sebut potensi wisata Kepri luar biasa
Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar RI, Dadang Rizki Ratman menyebutkan, Kepri memiliki potensi destinasi wisata yang sangat beragam. F-disparkepri/bprast

Mengenai komposisi kebangsaan wisman, Wan Rudi, menjawab umumnya berkebangsaan Singapura. Kemudian, Malaysia, dan India.

Selain itu yang berkebangsaan Indonesia juga ada. Di samping dari China, Taiwan, Jepang, Hong Kong, Canada dan lainnya. Komposisi itu berubah di setiap kapal pesiar Genting Dreams datang.

Begitu ramainya kunjungan ini, membuat sejumlah hotel di kawasan Trikora pun penuh hingga akhir tahun 2019. Dampaknya secara langsung ialah ke kas pendapatan asli daerah (PAD) Bintan. Masyarakat pun merasakan langsung dampak itu.

Pada wawancara sebelumnya, Rudi optimis jumlah kunjungan ke Bintan semakin meningkat apabila Bandara Busung sudah bisa digunakan.

Saat pemberian dukungan fasilitasi pengembangan destinasi Regional I Area II di Provinsi Kepri. Acara tersebut digelar di Hotel Nagoya Hill Batam, Selasa (22/1/2019), Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar RI, Dadang Rizki Ratman menyebutkan, Kepri memiliki potensi destinasi wisata yang sangat beragam.

Dan itu menarik untuk dipetakan untuk memudahkan wisatawan saat berkunjung. Menurutnya, budaya, sejarah, kuliner, bahari, maritim, buatan, bahkan ekowisata ada di Kepri.

Kapal pesiar Lain Diarahkan ke Natuna, Anambas atau Lingga

Wisman yang turun ke darat dari kapal pesiar disambut tarian khas Bintan. f-dok/suarasiber

Kedatangan Kapal Pesiar Dream Cruise yang secara reguler membawa wisman ke Lagoi Bintan membuat Dinas Pariwisata Provinsi Kepri merencanakan agar ada kapal pesiar lain yang singgah.

Karena Dream Cruise sudah ke Lagoi Bintan, maka kapal cruise lain bisa diarahkan untuk menurunkan wisman ke Anambas, Natuna atau Lingga yang juga tak kalah indah objek wisatanya.

“Itu memang agenda kita tahun 2019 ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar.

Ditambahkannya, Kepri saat ini fokus untuk mengembangkan 12 pulau sebagai senjata untuk merebut hati wisatawan. Untuk mengembangannya, Dispar Kepri tidak mungkin bekerja sendiri. Dukungan OPD lain jelas sangat dibutuhkan.

Kepri kembangkan 12 Objek Wisata Baru

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar
Kadis Pariwisata Kepri Buralimar menjelaskan 4 kebijakan Pemprov Kepri menyambut kunjungan 20 juta wisatawan tahun 2019, dalam sebuah Rakor di Batam, belum lama ini. f-dispar kepri/bprast

Sedikitnya ada 4 elemen pengembangan kepariwisataan di Kepri, yaitu destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, kelembagaan dan industri pariwisata. Hari ini dahn ke depan, kepri akan fokus destinasi pariwisata. Destinasi wisata sendiri dibentuk dari 4 aspek, yakni amenitas, aksesibilitas, atraksi wisata, dan pemberdayaan masyarakat di daerah destinasi.

Hal ini disampaikan Buralimar di hadapan pengelola PT Bintan Alumina Indonesia di Bintan, PT Bintan Resort Cakrawala di Bintan, PT Megah Puri Lestari (Pulau Ranoh) di Batam, PT Tritunas Sinar Benua (Pulau Nirup) di Batam, PT Pulau Bintang Emas (Pulau Pengelap) di Batam, PT Berkat Sentosa Makmur (Pulau Sembur) di Batam, PT Propertajaya Sukses Makmur (Pulau Tolop) di Batam, PT Pulau Nikoi (Pulau Nikoi) di Bintan.

Juga PT Pulau Cempedak (Pulau Cempedak) di Bintan, PT Indo Bintan Trijaya (Pulau Beralas Pasir) di Bintan, PT Island Connection International (Pulau Telunas) di Karimun, PT Pulau Bawah (Pulau Bawah) di Anambas dan PT Melang Indah Pertama di Anambas.

Menurut Buralimar, kedatangan Genting Dreams harus menjadi semangat bagi daerah lain di Kepri untuk terus mengembangkan konsep wisatanya. (mat)

Bagikan berita
  • 227
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •