Bawaslu Tanjungpinang Awasi Ketat Proses Rekapitulasi Suara

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bawaslu Kota Tanjungpinang semakin memperkuat pengawasan rekapitulasi hasil perhitungan suara ditingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), agar berlangsung tertib dan sesuai aturan.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, menjelaskan bahwa melalui jajaran Panwaslu Kecamatan, dan didukung Panwaslu Kelurahan, Bawaslu akan awasi dan kawal ketat rekapitulasi suara rakyat pasca pencoblosan 17 April.

“Bawaslu juga mengajak kepada kepada seluruh saksi Parpol, Pemantau Pemilu, relawan, Gerakan Pramuka dan masyarakat agar berpartisipasi untuk memantau dan mengawal proses rekapitulasi suara rakyat berlangsung sesuai prinsip Luber dan Jurdil,” tegasnya

Memastikan agar proses rekapitulasi berlangsung sesuai aturan, mencegah terjadinya kelalaian, dan kesilapan perhitungan suara karena faktor kelelahan, serta mengantisipasi jangan sampai ada oknum siapa pun yang akan mempengaruhi untuk melakukan kecurangan, manipulasi suara atau pelanggaran lainnya.

Namun dalam proses pengawasan dan pengawalan rekapitulasi harus mengedepankan ketertiban dan menjaga kondusifitas, serta dapat berkoordinasi dengan jajaran pengawas jika ada kecurangan dan pelanggaran.

Bersama aparat keamanan, Bawaslu dan jajaran akan senantiasa bersinergi dalam proses pengawasan dan pengawalannya.

Proses rekapitulasi suara akan berlangsung sekitar sepuluh hari kedepan.

Telah dimulai di Dapil 1, Kecamatan Barat dan Kota pada hari Jumat pagi (19/04). Menyusul Dapil 2 Kecamatan Tanjungpinang Timur dan kecamatan Bukit Bestari hari Sabtu (20/04/2019).

Dalam proses rekapitulasi hari pertama, di salah satu TPS di Kampung Bugis, terjadi ketidaksesuaian total jumlah suara, dengan suara sah dan tidak sah di tingkat DPD. Sehingga dibuka kembali lembaran C1 Plano, untuk dilakukan sinkronisasi data. Terhadap peristiwa tersebut, dituliskan ke dalam Form DA2-KPU Kejadian Khusus.

“Akurasi dan validasi data C1 serta ketelitian dalam rekapitulasi sangat dibutuhkan,” ujar Zaini

Semoga semua proses berlangsung lancar, dan penyelenggara diberikan kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas. (mat)

Loading...