Tengah Disiapkan Pembangunan Pos Lintas Batas Negara di Natuna

Loading...

NATUNA (suarasiber) – Provinsi Kepri bakal memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Lokasinya di Kabupaten Natuna dan saat ini tengah persiapan untuk pembangunannya.

Dengan adanya PLBN ini diharapkan tak ada lagi warga Serasan ditangkap karena menjual dan membeli barang ke negara tetangga, tepatnya di daerah Sematan, Malaysia Timur, memaksa pemerintah bekerja ekstra.

Kepedulian Pemkab Natuna terhadap warga Serasan kini membuahkan hasil. Pos lintas Batas Negara selama ini dinanti warga mendapat angin segar.

Dilansir dari datariau.com, kunjungan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal di daerah perbatasan, bersama Kementerian dan lembaga terkait, untuk meninjau persiapan pembangunan PLBN di Kecamatan Serasan, notabenenya berhadapan langsung dengan Negara Jiran Malaysia.

Acara dilaksanakan di gedung serbaguna Serasan Induk, Jumat pagi (22/3/2019) dihadiri ratusan warga.

Baca Juga:

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Bupati Lingga Laporkan Mantan Bupati Lingga ke Komisi Ombudsman RI

Ikuti Instruksi Presiden Jokowi, Bupati Lingga Tolak Pembukaan Perkebunan Baru Kelapa Sawit

Jalasenastri Armada I Ajarkan Cara Membatik Berbasis Alam

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya mengatakan, Pos Lintas Batas Negara akan dibangun di daerah Serasan. Sebagai Bupati peduli terhadap warganya langsung menyurati kementerian terkait dan Presiden.

“Alhamdulillah, Presiden langsung merespon. Presiden sangat besar perhatiannya terhadap daerah perbatasan. Sebenarnya Jokowi ingin datang namun karena ada kerjaan jadi ditunda. Saya berterima kasih kepada masyarakat Serasan telah menyambut baik Pembangunan PLBN ini. Meski awalnya ada kendala, karena pemilik tanah minta harga Rp1,5 juta / meter. Bagi saya ini menghambat, jangan gara-gara satu orang masyarakat banyak kena imbasnya. Untuk itu saya sudah berpikir untuk mengalihkan lahan. Karena ada indikasi menghalang-halangi percepatan pembangunan di Serasan,” kata Bupati.

“Perlu diketahui masyarakat, harga tanah tidak bisa ditentukan oleh Pemerintah, tapi lewat tim independen. Siang malam saya memikirkan agar PLBN dibangun, guna peningkatan perekonomian. Tujuan saya baik, ingin membangun Serasan bersama daerah lainnya agar ekonomi masyarakat meningkat,” sambung Hamid.

Untuk itu, Hamid mengajak semua pihak menyatukan pikiran dan tenaga bersama-sama membangun daerah. “Jujur sudah tiga kali mengirimkan surat barulah hari ini disetujui. Kita tahu melakukan pembangunan Pos Lintas Batas Negara cukup besar. Tahun ini dari APBD Natuna dikucurkan untuk membangun Serasan dan Serasan Timur Rp27 miliar. Ditambah DAK, jika ditotal hampir Rp200 miliar. Jadi kalau ada isu saya kurang perhatian ke Serasan, itu salah besar. Buktinya berkat perjuangan saya Serasan akan dibangun PLBN. Ini merupakan bukti bahwa saya cinta dengan masyarakat Serasan,” tegas Bupati.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Pinang Sodikin mengatakan kunjungan ke Natuna untuk melihat dan meninjau sekaligus melakukan sosialisasi terkait pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Sodikin tidak sendirian, ia didamping Seksi Umum Prasarana dan SDM.

Sesuai Intruksi Presiden nomor 1 tahun 2019, maka pembangunan PLBN di kecamatan Serasan akan difasilitasi oleh Negara. Ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh instansi, bersinergi jadi satu.

“Kedatangan kami untuk mensosialisasikan tentang pemakaian PAS. Gunanya untuk keringanan bagi masyarakat yang belanja ke negara tetangga. Artinya, barang-barang dari Negara Jiran Malaysia dibawa ke Serasan tidak pajak. Masyarakat juga bisa keluar masuk. Namun demikian jumlah belanja nanti akan diatur. Intinya bea cukai hadir untuk persiapan, sarana dan prasarana SDM. Kita hanya mengurusi masalah Pas bea masuk barang-barang. Soal paspor itu wewenang imigrasi. Teknisnya mereka,” terang Sodikin.

Sementara itu Camat Serasan Induk M Amin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati beserta rombongan, serta rasa peduli Pemkab Natuna terhadap masyarakat Serasan, sehingga apa yang diangan-angankan warga kini kesampaian. Pos Lintas Batas Negara bakal dibangun. “Ini akan membantu lajunya pertumbuhan ekonomi di Serasan,” pungkasnya. (mat)

Loading...