free page hit counter

Pipa Air Bersih Bawah Laut dari Lingga ke Batam Diperkirakan Telan Biaya Rp600 Miliar

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sementara rencana pembangunan dam Busung di Bintan, mangkrak sejak 2015, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV mulai menggarap rencana pembangunan dam Jelutung di Mentuda, Lingga.

Sama seperti dam Busung, dam Jelutung termasuk jenis dam estuarine, yang memanfaatkan air terjun Jelutung. Kini, rencana tahapan pembangunannya mulai masuk tahap penyusunan Detailed Engineering Design (DED) atau Rancangan Rinci Kegiatan.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Dr Ismail Widadi ST MSc menjawab suarasiber.com, Selasa (12/2/2019).

“Dalam minggu ini atau depan, tim yang akan membuat DED dam turun ke Lingga,” kata Ismail yang optimis tahapan-tahapan pembangunan dam bisa secepatnya dilaksanakan.

Baca Juga:

Ibu Guru Ngojek karena Tunjangan Terlambat, Pemerintah Janji Cairkan Minggu Ini

Untuk Pertama Kali Musrenbang Pemkab Anambas Malam Hari

Inilah Desa Pemenang MTQ Kecamatan Belat, Karimun, 2019

KPU Bintan Kekurangan Surat Suara

Untuk estimasi anggarannya, Ismail belum bisa menggambarkan. Karena, DED-nya sedang akan dikerjakan. Tapi untuk estimasi biaya jaringan pipa bawah laut dari Mentuda ke Batam sekitar 150 Km, biayanya diestimasikan sekitar Rp600 miliar.

Menjawab pertanyaan tentang dukungan Pemkab Lingga, Ismail, menjawab di atas meja dukungannya sangat bagus. Dan, berharap dukungan dalam bentuk komitmen tetap bagus.

Ady Indra Pawennari, staf khusus Bupati Lingga yang dikonfirmasi terpisah terkait komitmen Pemkab Lingga di pembangunan dam Jelutung, menegaskan Pemkab sangat serius. Ada beberapa langkah yang sudah dan disiapkan Pemkab.

“Pada tahun anggaran 2019 ini, Pemkab sedang menyiapkan Studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan Study Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP),” ujar Ady.

Kemudian, izin pinjam pakai kawasan hutan, dan tata batas. Termasuk tahapan pembebasan lahan seluas 255 Ha, yang akan digunakan untuk wilayah dam Jelutung.

“Itu semua menjadi wujud komitmen Pemkab Lingga, untuk pembangunan dam estuarine Jelutung di Mentuda, Kecamatan Lingga,” tegas Ady. (mat)

Bagikan berita
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Translate ยป