3 Kali Sudah Sanggar Tuah Pusaka Juara Festival Tari Tingkat Bintan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Sanggar Tuah Pusaka dari Bintan Timur berhasil menjadi juara pertama Festival Tari 2019 tingkat Kabupaten Bintan. Ini artinya sanggar ini sudah 3 kali berturut-turut menjadi juara lomba yang sama.

Gelar pertama dan keduanya direbut tahun 2017 dan 2018. Atas prestasinya ini Sanggar Tuah Pusaka akan mewakili Bintan ke tingkat Kepri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam saat menutup lomba, kemarin. Menurut Wabup, festival ini diselenggarakan untuk melestarikan nilai budaya, sekaligus memperkenalkan bahwa tarian Melayu memiliki nilai kreativitas.

“Melalui Festival Tari ini, kita berharap masyarakat turut serta dalam melestarikan nilai budaya Melayu. Sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:

Kuasai Pistol Beretta Asli, Tersangka Pembunuh Bayaran Diancam Hukuman Mati

Direktur Perusahaan Kontraktor Jadi Tersangka Korupsi

Ternyata Raja Pertama Selangor Malaysia dan Raja Haji Fisabilillah Saudara Sekandung

19 Tersangka Narkoba di Karimun, 1 Orang Warga Negara Malaysia

Wabup mengatakan, Pemkab Bintan akan terus memotivasi bagi semua sanggar yang ada di Kabupaten Bintan. Sehingga, budaya tari di Bintan terus berkembang, sebagai upaya mempertahankan khasanah Melayu Bintan. Justru itu, Pemkab Bintan akan membantu sanggar-sanggar yang aktif. Tapi, disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar menambahkan, tahun ini Sanggar Tuah Pusaka mengangkat tema Bukit Kerang Kawal Darat. Arwiyanto, sang koreografer sanggarini mengolaborasikan tema dengan perpaduan musik kreasi Okta Winardi. Hasiolnya adalah sajian tarian yang apik dan energik.

Juara kedua sanggar tari dari Kecamatan Bintan Pesisir, disusul Sanggar Sang Nila Utama Bintan Utara. Sanggar Kreasi Guru menjadi juara harapan pertama dan Sanggar YKPP Bintan Utara harapan kedua.(mat)

Loading...