24 BUMDes di Bintan Sumbang PADes Rp200 Juta Lebih di Tahun 2018

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Desa kini menjadi kekuatan pembangunan di berbagai pemda. Desa yang dikelola dengan baik terbukti memberikan dampak yang menggembirakan, termasuk dalam menyumbang PADes.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika, banyak kemajuan desa di Kabupaten Bintan. Bahkan perkembangan itu berlanjut terus.

Dari data yang dipegangnya, tahun 2018 ada 24 BUMDes dengan penghasilan lebih dari Rp500 juta yang bisa menyumbang PADes lebih dari Rp200 Juta.

“Tahun ini meningkat menjadi 34 BUMDes. Total pagu dana yang telah digelontarkan untuk desa antara 2015 – 2019 lebih dari Rp348 Miliar,” beber Ronny di sela Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA APBDes Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa pagi (5/3/2019).

Baca Juga:

Mantan Sekdaprov Kepri Suhajar Diantoro Dilantik sebagai Plt Sekretaris BNPP

Patroli Skala Besar Hadapi Pemilu 2019

KPK Pantau Sidang Korupsi Pembangunan Pelabuhan Dompak

Reward pun diberikan Pemkab untuk desa-desa yang mampu menyusun APBDes dengan cepat. Penghargaan penyusun APBDes tercepat tahun 2019 ialah Desa Ekang Anculai, Desa Numbing dan Desa Mantang Lama. Seluruh Desa yang ada di Bintan juga secara resmi menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai protektif dalam melaksanakan tugas.

Bupati Bintan Apri Sujadi didampingi Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan pejabat lainnya mengatakan bahwa wujud keberhasilan dan kemajuan daerah harus dimulai dari Desa. Ia menyebutkan lebih dari Rp104 miliar digelontorkan untuk desa.

Apri juga menyebutkan bahwa geografis wilayah Bintan memang menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan pembangunan. Untuk itulah, sinergitas dari Aparatur Desa juga memiliki peran penting. (mat)

Loading...