free page hit counter

Bupati Natuna Yakinkan Warganya, Petani Padi adalah Pekerjaan Menjanjikan

NATUNA (suarasiber) – Kabupaten Natuna tak ingin tertinggal soal padi dari kabupaten lain di Kepri. Panen raya berhasil dilakukan di kabupaten ini sehingga Bupati Abdul Hamid Rizal mengajak warganya mengonsumsi beras tempatan sebagai dukungan untuk para petani.

“Panen padi demonstration plot (Demplot) merupakan salah satu momentum keberhasilan kerja sama antara Pemda dan masyarakat. Bukan tak mungkin sumber pendapatan asli daerah yang potensial bagi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan,” ujar Bupati Hamid Rizal saat menghadiri panen padi Demplot di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi, pekan lalu.

Namun Hamid menambahkan, hal itu tidak akan dapat diwujudkan jika tidak dilakukan dengan fokus, kerja keras, sinergi antara pemerintah daerah dan pemberdayaan masyarakat serta meyakini bahwa bidang pertanian padi merupakan lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

Dilansir dari natunakab.go.id, panen di Desa Gunung Putri ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Natuna. Selanjutnya, Bupati menginstruksikan dinas ini segera melakukan upaya promosi pemasaran, agar beras asli daerah ini dapat beredar di Kabupaten Natuna sebagai lingkup wilayah pemasaran tahap awal.

Menurut Hamid Rizal, Beras Demoplot ini memiliki keunggulan terutama dalam aspek kesehatan, karena dalam prosesnya mnghindari zat kimia. “Mari kita membeli dan mengonsumsi berasw lokasl sebagai bentuk dukungan bagi meningkatkan perekonomian para petani padi,” ajak Bupati.

Sekretaris Dinas Pertanian Pemkab Bintan, Hadi Suryanto menjelaskan sawah padi sementara ditujukan pada petani di Kecamatan Bunguran Batubi. Proses tanam dimulai 21 November 2018 di lahan seluas kurang lebih 2 hektare dan hasilnya, gabah kira-kira3 ton.

Dengan luas lahan yang bertambah, demikian juga jumlah petaninya, Hadi optimis jumlah gabah yang dihasilkan bisa lebih banyak. (mat)

Bagikan berita
  • 82
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Translate ยป