8 Februari 2019, Wartawan Anambas Ramai-ramai Tutup Mulut Pakai Lakban

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 yang jatuh 9 Februari mendatang diperingati insan pers Kabupaten Anambas dengan sejumlah acara. Yang unik, aksi tutup mulut dengan lakban.

Aksi ini rencananya berlangsung 8 Februari di depan Tugu Buak. Sementara bertepatan dengan HPN, dilaksanakan Focus Group Discussion (FDG) di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS).

Sejumlah wartawan media cetak, elektronik maupun online telah menyiapkan peringatan HPN di Anambas dengan membentuk panitia. Musyawarah kecil dilaksanakan di Kedai Kopi Ester, Jalan Merdeka, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, 31 Januari 2019 lalu. Mandat sebagai Ketua Panitia HPN Kabupaten Anambas 2019 diserahkan kepada Indra Gunawan, wartawan Tanjungpinang Pos.

Kepada suarasiber.com, Jumat (1/2/2019), Indra menjelaskan bagi insan pers yang masih memiliki jiwa pers tidak akan pernah menolak atau meniadakan kegiatan tersebut.

“Kebersamaan itu menimbulkan semangat untuk bergerak,” kata Indra.

Menyoal aksi menutup mulut dengan lakban, Indra menyebutnya sebagai simbol agar jangan pernah ada kriminalisasi terhadap wartawan. Sebagai ganti orasi yang lazim selalu ada pada sebuah aksi, diganti dengan berbagai tulisan di karton.

Sedangkan saat FGD berlangsung, para stakeholder atau undangan dipersilahkan memberikan masukan, kritikan, ide, saran dan sebagainya kepada para pemburu berita di Anambas. Dengan demikian akan terjaga silaturahmi antara wartawan dan narasumbernya.

“Usia Kabupaten Anambas sudah 10 tahun, dan inilah HPN pertama yang diperingati di sini. Kami berharap semua pihak mendukung dan selamat Hari Pers Nasional,” tutur Indra di ujung percakapan. (hs)

Loading...