Pertama Kali, Ketua RT/RW Dilantik secara Adat Melayu

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Pengukuhan gelar Ketua RT/RW se-Kelurahan Daik, Lingga, menjadi sesuatu yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya di kabupaten ini. Pelantikan perangkat pemerintahan desa ini dilaksanakan secara adat.

Lima Ketua RW dan 16 Ketua RT dilantik dan dikukuhkan di Balai Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepuluan Riau Kabupaten Lingga, Selasa (8/1/2018). Tak ayal, pelantikan yang dilakukan seperti ini menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi mereka yang dikukuhkan.

Pelantikan dilakukan oleh Lurah Daik, Aryanto. Dijelaskannya, Ketua RT/RW yang dilantik hari itu merupakan RT/RW terpilih dari wilayahnya masing-masing.

“Tugas Ketua RT/RW itu berat, harus bersedia bekerja 24 jam. Namun, dengan menyadari posisinya berkaitan dengan tanggung jawab untuk warga serta melakukannya dengan ikhlas, Insyaallah tak ada beban dan menjadi nilai ibadah,” pesan Aryanto, seperti dilansir dari kepri.kemeneg.go.id.

Lurah inovatif ini juga berpesan agar RT/RW yang sudah dilantik untuk dapat selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan di wilayah Kelurahan Daik. Apabila ada ancaman,tantangan,hambatan dan gangguan (ATHG), Ketua RT/RW harus responsif terhadap situasi.

Baca Juga :

Lokasi Bazar Imlek 2019 Timbulkan Gesekan antara Pemko Tanjungpinang dan Warga

Terpilih jadi Ketua Pedagang Tepi Laut, Wahidin Eratkan Kerja Sama dengan BUMD

Santainya Gubernur Kepri Rebahan di Depan Banyak Orang

Pejabat Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan Sambut Wisman Perdana 2019

Aryanto pun meminta mereka memasyarakatkan program berbusana Melayu setiap Jumat bagi pemilik kedai. Untuk hal ini, akan terus dijalin kerja sama dengan LAM untuk melestarikan adat dan budaya Melayu.

Pengukuh sumpah (rohaniawan) Kasi Bimas Islam Kemenag Lingga, Zamroni melihat pelantikan dan pengukuhan Ketua RT/RW ini luar biasa. “Saya belum pernah melihat yang seperti ini di tempat lain. Tentu akan menambah semangat Ketua RT/RW yang dilantik dalam bekerja,” puji Zamroni.

Apalagi saat mereka ditepuk tepung tawar dan disaksikan oleh Wabup Lingga Nizar, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Bintan Lingga Hanafi Ekra, Aggota DPRD Lingga Agus Marlie, anggota LAM Lingga Datok Sri H M Ishak, Kapolsek, Danramil, Ketua LAM Kecamatan Lingga, Ketua LAM Kelurahan Daik, tokoh agama, tokoh masyarakat. (mat)

Loading...