Kades Landak: Cuaca Seperti Ini Baru Pertama Terjadi

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Cuaca yang cukup ekstrem, yang menimbulkan angin kuat serta gelombang tinggi baru-baru ini di Jemaja, Anambas, bukanlah sesuatu yang sudah sering dialami warga.

Menurut Kepala Desa Landak, Amirullah, cuaca seperti ini baru pertama kali dirasakannya. Menurutnya tiupan angin sangat kencang, demikian juga dengan gelombang di lautan. Untuk itu ia melihat pendirian Posko Bencana di Jemaja sebagai langkah yang tepat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk.

Lantaran pada beberapa malam lalu angin masih kuat dan ombak tinggi, ia meminta warganya yang rumahnya berpotensi terkena dampak cuaca ektrem untuk mengungsi ke kantor desa yang dinilai lebih aman.

Baca Juga :

100 GTT Lingga Terima SK, Dijamin Tiada KKN

Petinggi Kejati yang Baru Ditunggu Kasus Dugaan Korupsi BUMD Kepri

Seperti Biasa, Ada Ziarah Makam Leluhur di Hari Jadi ke-235 Tanjungpinang

Aman untuk Transportasi Darat dan Udara, Namun Tetap Waspada di Laut

“Saya hanya berpesan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti selimut. Jangan lupa untuk mengunci rumah sebelum ditinggal mengungsi sementara,” tutur Amirullah kepada suarasiber, saat menjumpai di rumahnya.

Kalau cuaca buruk, bukan hal yang menakutkan bagi warga lantaran sudah biasa. Namun yang kemarin terjadi, gelombang air laut sampai ke rumahnya. Karena itulah Amir menyadari gelombang laut tak bisa disepelekan. Apalagi perkiraan yang disampaikan BMKG perairan Anambas dan Natuna berpotensi ombak setinggi 6 meter.

Kini cuaca berangsur membaik, Amirullah bersyukur. Sebagai Kades, salah satu hal paling menyedihkan ialah ketika meminta warganya mengungsi. “Saya sedih saat meminta warga harus meninggalkan rumahnya sendiri untuk menghindari kemungkinan bencana. Rumah itu kan tempat yang paling menyenangkan bagi banyak orang,” pungkas Amirullah. (hs)

Loading...