Serahkan Sertifikat Tanah, Gubernur Pesan Jangan Asal Diagunkan ke Bank

Loading...

BATAM (suarasiber) – Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun menyerahkan secara simbolis 10.172 sertifikat tanah untuk warga Batam di Graha Citra Mas, Kabil Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepri, beberapa hari lewat. Gubernur berpesan agar sertifikat bisa digunakan sebaik-baiknya.

“Jangan diagunkan ke bank untuk membeli keperluan yang tidak bermanfaat dan tak produktif,” kata Nurdin.

Sertifikat bisa dimanfaatkan untuk menjadi modal produktif sehingga mendukung usaha dan lainnya. Namun seperti dipesankan olehnya, harus membawa manfaat bagi pemiliknya.

Baca Juga :

Dibanding 2017, Tahun 2018 Orang Tanjungpinang Tambah Kaya

Kapolda Kepri Pantau Pengamanan Natal di Tanjungpinang

Detik-detik Terbalik dan Tenggelamnya MV Amanda di Perairan Malaysia (Video)

Diserahkannya sertifikat tanah ini menjadi harapan banyak pihak agar terhindar dari perselisihan, termasuk sengketa agraria. Dari 10.172 sertifikat yang diserahkan, 11 diantaranya sertifikat aset Kepolisian Republik Indonesia.

Pada tahun 2018 Kanwil BPN Provinsi Kepri mendapat target Peta Bidang Tanah sebanyak 110.000 bidang dan target Sertifikat Hak Atas Tanah untuk kegiatan PTSL sebanyak 89.900 bidang. Dalam pelaksanaannya target Peta Bidang Tanah dilakukan pengoptimalisasian target menjadi 120.000 bidang dan tercapai 117.845 bidang sementara Sertifikat Hak Atas Tanah tercapai 61.135 bidang

Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) merupakan salah satu program prioritas pada Kementerian ATR/BPN yang bertujuan melaksanakan pendaftaran atau pemetaan bidang-bidang tanah di seluruh Indonesia secara lengkap dan sistematis.

Nurdin mengatakan, pembagian sertifikat tanah merupakan salah satu program dari Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang akan selalu menjaga aset bangsa dan negara secara kekeluargaan yang menjadi modal besar dalam menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga :

Ifan Tuliskan Kata Pamit, Instagram Band Seventeen Dipenuhi Doa

Pada tahun 2017 sudah dibagikan sertifikat sebanyak 7 juta dan pada tahun 2018 ada peningkatan menjadi 9 juta sertifikat yang akan dibagikan. “Mari selalu bergandengan tangan dan bersama-sama dalam membangun NKRI terutama Provinsi Kepri selalu kita jaga keamanan dan ketentramannya agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ajak Nurdin.

Dalam sesempatan ini hadir sejumlah pejabat, diantaranya Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Asintel Kajati Kepri Martono, Kanwil BPN Kepri Asnawati, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, Dandim 0316/Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardana, dan Kakan Kemenag Kota Batam H Erizal serta Ombudsman Perwakilan Kepri Lagat P Siadari. (mat)

Loading...