Lima Armada Dikerahkan Padamkan Kapal Terbakar dan Evakuasi Kru

Loading...

BATAM (suarasiber) – Kebakaran yang melanda KM Aventador di Perairan batuampar, Batam, Kepri, Sabtu (15/12/2018) pagi mendapatkan pertolongan dari kapal-kapal milik TNI AL dan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Batam.

Informasi terbaru yang dikirimkan Penlantamal IV Tanjungpinang, keolima kapal tersebut ialah KAL Mapor II-4-64, KPLP 330, KPLP 376 dan dua Kapal Nasional (KN) milik SAR Batam, yakni KN SAR Purworejo dan Speedboat KP Baladewa.

Tak ada korban dalam kebakaran kapal berbendera Mongolia yang biasanya mengangkut sembako ini. f-dispen

Saat sedang berpatroli di Perairan Pulau Sambu, kira-kira pukul 08.00 WIB, personel KAL Mapor II-4-46 menerima informasi melalui radio VTS Batam bahwa terjadi kebakaran di MV Aventador yang berbendera Mongolia milik perusahaan asal Singapura. Saat mendekati lokasi, sap terlihat mengepul, membubung ke langit.

Saat terbakar, MV Aventador tengah lego jangkar dan sedang tidak membawa muatan sembako. Komandan KAL Mapor II-4-64 Kapten Laut (P) Bayu Indra Wirawan langsung memerintahkan untuk melakukan pemadam dengan mengerahkan anggota Tim Pemadam Kebakaran (PEK). Digunakan hidrant yang berada di atas kapal.

Selang beberpa waktu kebakaran di MV Aventador dapat dikuasai dan api dapat dipadamkan. Selanjutnya Tim PEK KAL Mapor II-4-46 melakukan pengecekan ke bagian dalam kapal dan mencari titik-titik api sampai dinyatakan api benar-benar padam. Tim PEK pun ditarik kembali ke KAL Mapor II-4-46.

Informasinya, kapal dengan 5 ABK ini datang ke Batam untuk memperpanjang dokumen dan perbaikan palka kapal. Kelima orang berhasil diselamatkan. (mat)

Loading...