PelabuhanQu, Aplikasi Dishub Kepri untuk Meminimalisir Pungli

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dinas Perhubungan Provinsi Kepri ternyata tak main-main untuk urusan mengelola pelabuhan dan ruang lautnya. Salah satu bentuk keseriusan itu lahir lewat aplikasi bernama PelabuhanQu.

Aplikasi ini dibuat oleh Kepala Bidang Kepelabuhanan Dishub Kepri, Azis Kasim Djou. PelabuhanQu dibuat saat Aziz Diklat Kepemimpinan Tingkat III yang diikutinya sejak Juli 2018 lalu. Dan akhirnya pada hari Rabu (7/11/2018) laporan akhir Proyek Perubahan Laboratorium Kepemimpinan dipaparkannya di hadapan coach, penguji serta mentor.

Kadishub Kepri Drs Jamhur Ismail MM selaku mentor menyambut bangga hasil karya pegawainya tersebut. Ia berharap PelabuhanQu dapat segera diimplementasikan di lapangan.

[irp posts=”12330″ name=” Kejar” Calon Pemilih Pemula, Disdukcapil Bintan Belusukan ke Pulau-pulau”]

[irp posts=”12327″ name=”Nasrun Nyaris Diamuk Keluarga Almarhumah Supartini di Pengadilan”]

[irp posts=”12323″ name=”Pengemudi Truk Laka Maut di Jalan Basuki Rahmat Berstatus Tersangka”]

“Terobosan ini sangat aplikatif dan mendukung upaya Kepri meningkatkan PAD dari sektor labuh jangkar,” jelasnya.

PelabuhanQu dapat digambarkan sebagai aplikasi penghubung antara regulator dan pengguna jasa kepelabuhanan dan ruang laut Kepri dengan lebih cepat. Hal ini memungkinkan dilakukan tanpa harus melalui tatap muka atau bertemu langsung. Dengan demikian akan mengurangi segala bentuk pungutan liar.

Di akhir paparannya baik Azis maupun Jamhur secara kompak menyebut bahwa Kepri Siap menghadapi era industri 4.0 terutama dalam pengelolaan pelabuhan dan wilayah laut. (mat)

Loading...