Mau Lihat Pertarungan Ala Peresean dari NTB? Hari ini di Tepi Laut

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Indonesia memiliki begitu banyak kesenian tradisional. Salah satunya Peresean yang berasal dari Susu Sasak, Nusa Tenggara Barat. Seperti apa bentuknya, Peresean bakal ditampilkan di Tepi Laut, Tanjungpinangm hari ini, Ahad (11/11/2018) pukul 13.00 WIB.

Sebagian pengurus dan anggota PKNTB Tanjungpinang – Bintan. F-istimewa

Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende). Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Adalah Persatuan Kekeluargaan Nusa Tenggara Barat (PKNTB) Tanjungpinang – Bintan yang membawa budaya tradisional Peresean ke Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

[irp posts=”12412″ name=”Siapa Saja Bisa Menjadi Pahlawan di Zaman Now”]

[irp posts=”12408″ name=”Tindak Lanjut Luapan Air di Batu 7, Pemko Rapat dengan Pemilik Lahan”]

[irp posts=”12404″ name=”Pesan Hari Pahlawan dari Kapolda untuk Masyarakat Kepri”]

“Kemarin kami ikut pawai yang diadakan Pemko Tanjungpinang. Ahad, tanggal 11 November Peresean akan menghibur warga Tanjungpinang,” tutur seorang anggota PKNTB, Nursaid Alifin kepada suarasiber.com, Sabtu (10/22/2018) di Sidorejo, Bukit Bestari.

PKNTB yang dipimpin oleh Parhan ini memang baru memperkenalkan Peresean di Tanjungpinang. Namun setelah terbentuk, Peresean akan berupaya tampil di setiap kegiatan budaya dan kesenian yang ada di Tanjungpinang.

Mau tahu keseruan Peresean? Datang yuk. (mat)

Loading...