Kapal Berpenumpang 153 Orang Tabrak Kapal Tanker di Perairan Tanjunguban, Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – MV VOC Batavia, kapal penumpang jenis feri cepat yang melayari rute Tarempa – Tanjungpinang bertabrakan dengan kapal super tanker MT Pacific Crown di perairan sekitar Tanjunguban, Bintan, Kamis (11/10/2018) kira-kira pukul 13.14 WIB.

Informasi dari Basarnas Kota Tanjungpinang, kapal milik PT Global Line yang dinakhodai Zainal ini berangkat dari Tarempa, Anambas, pada pukul 07.00 WIB. Diperkirakan akan sampai di Pelabuhan Sri Bintanpura, Tanjungpinang, sore hari.

Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. F-istimewa

Perjalanan menempuh laut pada awalnya diiringi cuaca bersahabat. Namun saat memasuki perairan di Tanjunguban, hujan turun. Hal ini berpengaruh pada jarak pandang nakhoda.

Pada pukul 13.10 WIB, MV VOC Batavia yang membawa 153 penumpang dan 10 anak buah kapal (ABK) ini melaju dengan kecepatan 23 knot. Jarak pandang kala itu 700 meter.

Empat menit kemudian, jarak pandang berkurang menjadi 500 meter karena hujan dan kanut. Sebenarnya pada saat itu terlihat keberadaan MT Pacific Crown. Namun kecepatan MV VOC Batavia masih pada 23 knot.

[irp posts=”11354″ name=”Pembangunan Bendungan Kawal sudah 60 Persen”]

[irp posts=”11351″ name=”Warga Jemaja Diresahkan Maraknya Anjing Liar”]

[irp posts=”11348″ name=”Kelenteng Ini Sumbang 6 Ton Beras untuk Korban Bencana Alam”]

Pada jarak 100 meter, Zainal baru menurunkan kecepatan. Jarak yang terlalu dekat dengan kapal yang mejalu cepat membuat benturan tak dapat dihindari.

Kapal penumpang ini pun mengalami kerusakan pada lambung kiri. Bagian atas retak hingga bagian dalam sepanjang 1,5 meter. Reling bagian atas lambung rusak berat, tiang anjungan patah, lambung kiri samping haluan kapal rusak.

Pukul 13.20 WIB, ABK MV VOC Batavia memeriksa mesin. Beruntung mesin tidak mengalami kerusakan sehingga perjalanan ke Tanjungpinang pun kembali dilanjutkan pada 13.24 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan di laut ini. (mat)

Loading...