AKBP Ucok: Dahulu Masih Ada Waktu, Kini Cepat Sekali

Loading...
Pertemuan Kapolres Tanjungpinang dan Pengurus PWI Tanjungpinang Bintan

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Di tengah padatnya jadwal kegiatan sebagai Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi nyaris tak pernah melalaikan permintaan konfirmasi dari wartawan.

Hanya di saat tertentu, yang membuatnya agak telat menjawab konfirmasi atau sudah lewat tengah malam.

Seperti biasa, foto bersama. F-istmewa

Perkembangan berita sekarang sangat cepat sekali, kata Ucok dalam pertemuan terbatas dengan pengurus PWI Tanjungpinang Bintan, Kamis (4/10/2018). Terkadang sebuah kejadian langsung viral melalui media online setelah malam di saat orang sudah beristirahat tidur.

“Dulu (media cetak) kan masih ada waktu kita untuk menjawab konfirmasi. Karena kejadian hari ini terbitnya besok, jadi ada waktu agak lapang untuk konfirmasi. Kalau sekarang sangat cepat sekali,” jelas Ucok.

Terkadang, imbuhnya lagi, konfirmasi belum diperoleh tapi berita sudah tersebar. Hanya dituliskan sudah berusaha dikonfirmasi tapi belum dijawab. Dampaknya, berita yang belum terkonfirmasi (belum valid) sudah menjadi viral. Padahal informasinya belum akurat.

[irp posts=”11084″ name=”Kasus Pembunuhan Janda Cantik Supartini, Masuk Babak Baru”]

[irp posts=”11081″ name=”Cegah Narkoba, 319 Prajurit dan PNS TNI AL Tes Urine”]

[irp posts=”11078″ name=”Jangan Sampai Upaya Pemerintah tak Diimbangi Semangat Kepala Sekolah”]

Untuk di Tanjungpinang, Ucok, menilai wartawan sebagai partner kepolisian selalu mengonfirmasi sebuah kejadian terlebih dulu, sebelum diterbitkan. Sehingga, akurasi beritanya lebih baik.

Hal ini dinilainya sangat penting karena berita melalui media online sekarang, sangat cepat memengaruhi situasi di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ucok, dengan tulus menyatakan dukungannya untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan organisasi wartawan seperti PWI. Wartawan bukan hanya partner tapi juga perpanjangan mata dan telinga kepolisian di tengah masyarakat. Selain anggota kepolisian sendiri.

Selain Kapolres Tanjungpinang dan sejumlah pejabat kepolisian, pertemuan dihadiri sejumlah pengurus PWI Tanjungpinang yang diketuai Zakmi Piliang. Pertemuan yang berlangsung hangat itu diakhiri dengan foto bersama. (mat)

Foto istimewa

Loading...