Kabar Gembira, Ada 13.347 Formasi untuk Tenaga Honorer di Seleksi CPNS 2018

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Eks Tenaga Honorer Kategori II pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pada tahun 2018 ini, pemerintah membuka 13.347 formasi khusus untuk Eks THK II.

Pemerintah menyiapkan formasi khusus bagi para honorer. Namun, formasi ini hanya berlaku bagi tenaga guru dan tenaga kesehatan. Rinciannya, 12.883 formasi untuk guru dan 464 untuk tenaga kesehatan.

“Pada tahun 2018 ini, pemerintah membuka 13.347 formasi khusus untuk Eks THK II. 12.883 formasi untuk Tenaga Guru dan 464 formasi untuk Tenaga Kesehatan,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin dalam pernyataan tertulis, Senin (10/9/2918).

[irp posts=”9806″ name=”Deal, Pusat Setujui 246 CPNS Baru untuk Pemko Tanjungpinang”]

Lantas, bagaimana eks honorer yang tidak bisa ikut seleksi CPNS karena tak bisa memenuhi persyaratan?

Menurut Syafruddin, masih ada kesempatan bagi mereka yang akan hadir dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kepada Eks THK II yang tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, tidak usah kecil hati. Nanti dapat mengikuti seleksi sebagai PPPK, setelah PP-nya ditetapkan pemerintah,” jelas Syafruddin.

Lebih lanjut, Kementerian PARNRB menyebut sudah banyak tenaga honorer yang diangkat menjadi PNS. Sampai tahun 2014, ada 1,1 juta honorer menjadi PNS. Jumlah itu adalah 25,6 persen dari total jumlah PNS sebesar 4,3 juta lebih.

[irp posts=”9729″ name=”Pemerintah Siapkan 176 Lokasi Tes CPNS”]

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018, selain formasi umum, pemerintah juga membuka formasi khusus untuk lulusan berpredikat Cumlaude, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atlet berprestasi Internasional; dan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks THK II.

“Secara de jure, persoalan honorer ini sebenarnya sudah selesai. Sesuai dengan PP 56 Tahun 2012, pemerintah telah memberikan kesempatan terakhir kepada THK II untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013,” kata dia.

[irp posts=”9717″ name=”Penerimaan CPNS 2018, Pemkab Bintan Utamakan Formasi Ini”]

Adapun syarat tenaga honorer K II yang ingin mengikuti seleksi CPNS:

1. Laki-laki/perempuan minimal lulusan S-1

2. Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi A dan program jurusannya terakreditasi A

3. Calon pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri bisa mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 4 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terus mempersiapkan diri jelang pendaftaran CPNS 2018. Salah satunya yang dilakukan oleh Kantor BKN Regional III, Bandung.

[irp posts=”9671″ name=”Asyik, Pemerintah Buka Penerimaan 238 Ribu CPNS”]

Kantor BKN Bandung, hari ini menggelar simulasi CAT di Stasion CAT Kanreg III BKN, Jl. Surapati No. 10, Bandung.

“Simulasi yang digelar selama 5 sesi ini diadakan dalam rangka memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang ingin mengikuti seleksi CPNS mengenai tata cara penggunaan CAT BKN,” kata Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg III BKN Budi Haryono kepada wartawan, Selasa (11/9/2018).

Simulasi tes CPNS 2018 ini disambut oleh masyarakat dengan antusiasme yang tinggi sehingga kuota peserta sebanyak 500 orang langsung terisi hanya dalam 12 jam sejak diumumkan.

Budi menambahkan, simulasi ini sejatinya merupakan latihan berkompetisi sehingga para peserta semakin terpacu untuk terus berusaha agar berhasil dalam tes yang sebenarnya.

“Sebagai penghargaan, peserta setiap sesi yang mendapatkan nilai paling tinggi diberikan kenang-kenangan dari Kanreg III BKN Bandung,” pungkasnya. (mat)

Sumber: liputan6.com

Loading...