Melahirkan di Atas Speedboat, Ibu dan Bayi Selamat

Loading...

KARIMUN (suarasiber) – Anisah (20), warga Desa Moro, Kecamatan Moro, Tanjungbalai Karimun, Kepri, melahirkan seorang bayi prematur di atas Speedboat Karunia Jaya dalam perjalanan dari Moro ke Karimun, Jumat (24/8/2018) kira-kira pukul 16.45 WIB.

Ibu dan bayinya selamat dalam proses persalinan yang dibantu seorang tenaga medis yang mendampingi Anisah serta Tim Kesehatan Lanal TBK.

Pada saat kejadian, seorang penumpang kapal adalah Asisten Staf Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto. Menyaksikan kejadian itu, ia menghubungi Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro.

Bayi yang lahir prematur di atas kapal pun segera dilarikan ke RS HM Sani. F-istimewa

Catur pun memerintahkan Pasops Lanal TBK Lettu Laut (KH) Willy Wardhana untuk memberangkatkan Tim Kesehatan Lanal TBK. Pukul 16.40 WIB mobil ambulans tim kesehatan tiba di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun dan segera mengevakuasi Anisah dan bayinya.

Tim yang terdiri dari Sertu Rum Patopoy, Kopda Rum Benny AMd dan tenaga PHL Welly langsung melakukan penanganan awal. Anisah dan bayinya dilarikan ke RS HM Sani untuk mendapatkan penanganan intensif.

“Bayi berjenis kelami laki-laki, lahir prematur dengan berat kurang dari 2.000 gram. Nafas dan jantungnya normal, kini ditangani RS HM Sani,” ujar Catur.

Keterangan tambahan dari Sertu Patopoy, Anisah didiagnosa hamil 33 minggu. Kehaliran anaknya lebih awal 3 minggu dari kondisi normal. “Alhamdulillah saat kami tangani bersama tenaga medis dari Puskesmas Moro, ibu dan bayi dalam keadaan selamat,” ujarnya.(mat)

Loading...