Dua Mahasiswa Kedokteran Hewan UWKS Surabaya Mengabdi di Anambas

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Eko Pratama dan Victor Decha Z, dua mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Jawa Timur menjalani pengabdian masyarakat selama dua minggu di Anambas, kepri.

Ditemui suarasiber, Sabtu (25/8/2018) Eko mengatakan, rencananya ia dan Victor akan berada di Anambas selama sebulan, 1 sampai 30 Agustus 2018. “Namun karena ada hal yang urgent, hanya bisa dua minggu di sini,” tuturnya.

Penyuluhan terkait peternakan disambut hangat masyarakat dengan menyediakan ruangan dan alat peraga. F-hs

Selama 14 hari, Eko dan Victor mengabdikan dirinya di tengah-tengah masyarakat Desa Rewak, Batu Berapit dan Ulu Maras yang berada di wilayah Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur.

Di ketiga desa ini, kedua mahasiswa ini melakukan penyuluhan tentang besarnya potensi peternakan. Eko dan Victor juga membawa tim bisnis startup, termasuk menawarkan sistem produksi peternakan dan investasi syariah untuk peternak di Anambas.

Berfoto bersama para peternak peserta penyuluhan. F-hs

Masyarakat yang mengikuti penyuluhan menunjukkan antusasme dengan mengajukan sejumlah pertanyaan. Masyarakat menilai, apa yang ditawarkan Eko dan Victor dapat membantu penjalanan produksi peternakan tradisional mereka. Eko dan Victor pun senang melihat hal tersebut, apalagi masyarakat juga membantu jalannya penyuluhan dengan menyediakan ruangan dan alat peraga.

Eko dan Victor juga meminta peternak untuk mengantisipasi penyakit zoonosis, sistem peternakan semi intensif dan mengedukasi tentang larangan pemotongan sapi betina produktif.

“Pelarangan itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 pasar 19 ayat 3.

Berfoto bersama para peternak peserta penyuluhan. F-hs

Kedua mahasiswa ini menampung semua pertanyaan, keluhan dan masukan dari peserta penyuluhan. Sistem yang kurang tepat, kandang serta pakan banyak dibahas bersama. Masyarakat juga menyebut permodalan sebagai hal krusial yang mereka hadapi.

“Persoalan para peternak kami sampaikan ke Bupati Anambas, Bapak Abdul Haris, saat berkunjung ke rumah dinas beliau di hari terakhir pengabdian kami,” terang Victor.

Berfoto bersama sejumlah pegawai di Pemkab Anambas. F-hs

Dalam pertemuan itu, Abdul Haris menyambut baik kedatangan Eko dan Victor. Bahkan meminta agar pengabdian masyarakat seperti ini bisa dilanjutkan.

“Kami berharap bisa bersama-sama membangun sektor peternakan di Anambas,” kata Abdul Haris.

Ia juga menginginkan adanya MoU untuk melaksanakan kegiatan yang lebih besar guna kemaslahatan masyarakat Anambas. (hs)

Kamus suarasiber:
Zoonosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh organisme infeksius seperti virus, bakteri, dan parasit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, atau sebaliknya. Flu burung, adalah satu dari sekian penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Loading...