BI Luncurkan GPN di Kepri, Apa Itu?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Provinsi Kepri menjadi tempat ke sekian bagi Bank Indonesia untuk memperkenalkan kartui debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Peluncurannya dilaksanakan di Gedung Gonggong, Tepi Laut, Tanjungpinang, Ahad (29/7/2018).

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra mengetakan, peluncuran sengaja dilakukan di Tanjungpinang. aSelain sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang kota yang strategis untuk kampanye GPN,” ujarnya.

GPN sendiri merupakan sistem pembayaran dengan menyatukan berbagai kanal menjadi satu. Warga yang menggunakan kartu ini dapat bertransaksi dimana pun dan tidak perlu memiliki banyak kartu sehingga lebih efisien.

Foto – istimewa

Peluncuran GPN dimeriahkan dengan beragam acara, mulai jalan santai, senam sehat
Pada peluncuran ini berbagai rangkaian acara diadakan mulai dari Jalan Santai, dan , bantuan non tunai hingga peluncuran pas elektronik untuk masuk ke Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Sasaran dari GPN, seperti dikatakan Gubernur BI, Agus DW Matwowardojo seperti dilansir berbagai media, ada tiga. Pertama menciptakan ekosistem dari sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring dan setelment secara domestik.

Kedua, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi. Ketiga, meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektifitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi sistem keuangan.

Untuk mendapatkannya, masyarakat dapat menukarkan kartu debit atau ATM lamanya dengan kartu debit berlogo GPN secara gratis. Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018 lalu.

Untuk menukarkannya, masyarakat bisa langsung datang ke kantor cabang perbankan yang digunakan dan meminta untuk mengganti kartu lama dengan kartu berlogo GPN. Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng juga pernah mengatakan pihaknya menargetkan 100 bank yang memiliki izin untuk menggunakan kartu berlogo GPN. Dengan begitu, masyarakat dan perbankan sama-sama mendorong pemanfataan kartu GPN.

Sejumlah pejabat tinggi di Kepri atau yang mewakili tampak hadir bersama Kepala BI Perwakilan Kepri dalam peluncuran GPN ini. (mat)

Loading...