Nilai Tes Catar Akpol Langsung Terpampang di Layar Lebar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – 360 orang calon taruna (catar) Akademi Kepolisian (Akpol) yang lolos 3 tahapan tes, hari ini, Minggu (22/7/2018), akan mengikuti tes yang sangat menentukan, Uji Akademik (TPA dan TOEFL). 17 orang catar lainnya gugur di 3 tahapan tes. Dan, yang diambil menjadi taruna Akpol 2018 berjumlah 230 orang serta 30 orang taruni.

Tes hari ini dilaksanakan dengan menggunakan CAT (computer assested test) di Udinus, Semarang. Dan, hasilnya bisa disaksikan secara terbuka oleh keluarga masing-masing catar.

Materi soal disusun oleh tim uji akademik Panitia Pusat bekerja sama dengan Kementerian Diknas, yang telah menyiapkan bank soal sekitar 10.000 pertanyaan.

Untuk tes TOEFL dilaksanakan bekerja sama dengan LAN (Lembaga Administrasi Negara). Seluruh proses seleksi berlangsung dengan transparan dan terekam oleh video.

Meski peserta tes duduk bersebelahan, tak akan ada soal yang sama karena diacak. f-ist

Irjen Pol H Arief Sulistyanto MSi, Ketua Panitia Pusat penerimaan catar Akpol 2018 yang juga As SDM Kapolri, kepada suarasiber.com, mengatakan dalam tes akademik ini dilakukan tahapan awal: pemeriksaan seluruh sistem oleh tim cyber forensic, pengacakan ruang kelas, dan komputer.

Sehingga, peserta tes baru tahu ruang kelas, dan komputer yang digunakan saat itu, pengacakan nomer soal. Ini mengakibatkan tiap tiap peserta tes mendapatkan jenis pertanyaan berbeda di setiap nomornya. Skor hasil tes yang real time, dan langsung bisa dimonitor oleh orang tua di ruang aula yang disediakan.

Bila jawaban benar, ujarnya, maka skor otomatis bertambah yang bisa langsung diketahui oleh para orang tua melalui layar lebar di ruang aula. Hasil nilai tes akademik langsung diumumkan dan dicatat oleh masing-masing calon taruna.

Hasil uji akademik ini akan diumumkan resmi tanggal 23 Juli 2018. Selanjutnya, tanggal 24 juli 2018 pukul 08.00 dilaksanakan gladi rikpil (pemeriksaan penampilan) di Gedung Pancasila Akpol.

Kemudian, pada tanggal 25-26 juli 2018 melaksanakan pemeriksaan penampilan bertempat di Gedung Pancasila Akpol.

Hasil akhir seleksi catar Akpol 2018, akan diputuskan melalui sidang penetapan kelulusan catar dan pemulangan catar yang tidak terpilih pada 27 Juli 2018 pukul 08.00. Sidang akan dipimpin langsung oleh Wakapolri Komjen Syafruddin, As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto, Kadiv Propam Polri, dan Gubernur Akpol serta Wakapolda Kalbar. (mat)

Loading...