Mau Tahu PAUD Kekinian? Bintan Segera Mewujudkannya

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Pemkab Bintan tengah mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Artinya, mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak.

Bunda Paud Bintan, Hj Deby Maryanti mengatakan PAUD merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam mewujudkan generasi emas Kabupaten Bintan ke depan. Untuk mewujudkan itu, maka sangat diperlukan perluasan akses dan mutu layanan sebagai bagian dari strategi dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini.

“Konsep yang dikembangkan sangat bagus, nantinya PAUD Holistik bertugas tidak hanya memberikan pembelajaran dan pendidikan saja namun mereka diajarkan cara pola pengasuhan anak yang benar, cara peningkatan pengembangan gizi balita hingga peningkatan kualitas pendidikan orang tua (Smart Parenting),” jelas Deby saat mengunjungi Paud Holistik Integratif Bunda Ganesha di Kota Bandung, Selasa (17/7/2018) lalu.

Ditambahkannya juga bahwa mengembangkan pendidikan PAUD yang holistik dan integratif, akan meliputi aspek pendidikan, kesehatan gizi, dan perlindungan kesejahteraan. Selain itu, menurutnya ada lima kebutuhan yang menjadi hak anak.

Kelimanya adalah hak anak untuk terjaga dan terhindar dari penyakit, mendapatkan kecukupan gizi sebagai sarana untuk memaksimalkan kemampuan otaknya dan bereksplorasi, mendapatkan stimulasi yang baik, mendapatkan pola pengasuhan yang baik, perlindungan dari kekerasan fisik dan kekerasan psikologis.

Deby menambahkan, kita harus terus bergerak selangkah lebih ke depan. Inovasi-inovasi pola asuh harus disesuaikan dengan pola perkembangan zaman. Jadi mindset pola pengasuhan terhadap anak harus terus berkembang, sehingga PAUD bukan hanya untuk sekedar taman bermain anak tapi lebih daripada itu. (mat)

Loading...