Bela Negara Tak Harus Jadi TNI/Polri

Loading...

* Satkat Koarmada I Laksanakan Sosialisasi Bela Negara di SMA Negeri 1 Bintan

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I), menggelar sosialisasi Bela Negara untuk siswa baru di SMA Negeri 1 Bintan Utara. Senin (16/7/2018).

Sosialisasi tersebut terkait kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman tentang wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Sehingga, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme para siswa baru.

​Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro SE, yang di wakili Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S SE. yang sehari hari menjabat sebagai Komandan KRI Surik-645, menyampaikan semangat bela negara merupakan hal yang penting.

Dan, dapat dilakukan oleh semua komponen bangsa termasuk siswa/pelajar. Bela Negara tidak harus menjadi TNI atau Polri, melainkan dapat dilaksanakan oleh semua warga negara Indonesia dari berbagai latar belakang dan profesi.

Ditambahkannya, sebagai seorang siswa, semangat bela negara dapat diwujudkan dengan mengenal, dan memahami wilayah nusantara dengan baik. Kemudian, mencintai dan melestarikan kebudayaan lokal maupun nasional.

Termasuk, menjaga nama baik bangsa dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus menghindarkan diri dari sejumlah ancaman nyata.

Antara lain, bahaya narkoba, perkelahian antar siswa dan pergaulan bebas. Juga penyalahgunaan sosial media, isu-isu yang menyesatkan/disinformasi (hoax), serta isu-isu SARA (suku agama ras antargolongan). (mat)

Loading...