7 Calon Taruna Akpol Gagal di Tes Kesehatan, 369 Lolos ke Tes Psikologi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jumlah calon taruna (catar) peserta seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) 2018, berkurang 7 orang (5 pria dan 2 wanita). Ke-7 catar ini gugur di seleksi tahap satu, tes kesehatan.

Hasil tes tahap satu tersebut diputuskan melalui sidang, yang dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pusat Inspektur Jenderal (Irjen) Pol H Arief Sulistyanto MSi, As SDM Kapolri, Selasa (10/7/2018)

Test tahap satu dilakukan untuk  pemeriksaan administrasi, dan pemeriksaan kesehatan. Yang meliputi  kesehatan fisik dan kesehatan jiwa.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan itulah  7 orang dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat). Dengan gugurnya 7 catar itu, maka jumlah catar yang akan lanjut ke tes atau pemeriksaan tahap dua (psikologi) berkurang menjadi 369 orang. Terdiri dari 330 pria dan 39 wanita.

Mereka akan terus diseleksi hingga berjumlah 250 orang. Terdiri dari 220 taruna dan 30 taruni.

“Mereka yg tidak lulus diberikan konseling dan diberitahukan kekurangannya supaya bisa memperbaiki. Ini salah satu bentuk transparansi,” kata Arief, jenderal berbintang dua yang pernah menjadi Kapolres Tanjungpinang dan Kapolda Kalbar menjawab suarasiber.com, Selasa (10/7/2018).

Polri melakukan seleksi penerimaan anggota baru dengan ketat dan bersih. Untuk memperoleh calon anggota yang berkualitas. Praktek KKN dan titipan/ sponsorship sangat dilarang. Karena dapat mengganggu obyektifitas dan transparansi seleksi. (mat)

Loading...