Yang Akal-akalan Dukung DPD Bakal Ketahuan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mulai Ahad 3 Juni melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah provinsi Kepri khususnya dukungan dari Tanjungpinang.

Proses verifikasi tersebut dijadwalkan selama 10 hari dengan mencari 500 lebih sampel yang berasal dari 15 calon DPD yang sudah mendaftar di KPU Provinsi Kepri belum lama ini.

Robby Patria saat mencocokkan apakah benar warga benar memberikan dukungan kepada calon DPD tertentu. F-ist

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria yang turun langsung melakukan verifikasi bersama dengan seluruh komisioner Tanjungpinang mengatakan, paling KPU Tanjungpinang hanya mencocokkan apakah benar warga memberikan dukungan kepada calon DPD tersebut.

Jika tidak benar memberikan dukungan, maka warga hanya membuat surat pernyataan bahwa tidak memberikan dukungan kepada calon. Dengan demikian, jumlah dukungan calon DPD jadi berkurang.

“Tapi kalau warga memang mendukung, mereka hanya membubuhkan tandatangan di atas form yang sudah disiapkan oleh KPU,” kata Robby.

Dari data yang diperoleh KPU Tanjungpinang, Syahrial dan Darma termasuk yang paling banyak di Tanjungpinang yang harus diverifikasi faktual dukungannya dari calon lainnya. Ada juga calon DPD yang hanya mendapat sampling 3 dukungan di Tanjungpinang.

KPU Tanjungpinang membagi lima tim dalam melakukan verifikasi faktual. Dijadwalkan sampai tanggal 10 Juni, KPU selesai melakukan verifikasi. ***

Loading...