Tuan Rumah Gerah, Arab Mantab

Loading...

TUAN rumah Rusia akan mengawali pesta akbar Piala Dunia dengan menjamu wakil Asia, Arab Saudi pada malam ini pukul.22.wib bertempat di stadion Luzhniki.

Dalam uji coba terahkir, tim asuhan pelatih Juan Antonio Pizzi tersebut kalah tipis 1-2 melawan juara bertahan Jerman. Salah satu gol ke gawang kiper Abdullah terjadi , akibat gol bunuh diri.

Kendati kurang bagus dalam persiapan, namun tim berjulukan The Green Falcons tersebut secara grafik permainan mulai meningkat baik.

Dengan pola 4-2-3-1 yang diterapkan oleh pelatih Pizzi, timnas Arab Saudi tentu ingin mengulang prestasi terbaiknya pada Piala Dunia tahun 1994 yang mampu lolos 16 besar.

Pesaing lain dalam grup ini, selain tuan rumah Rusia. Abdullah dkk akan menghadapi salah satu tim kuat Amerika Latin yaitu Uruguay dan wakil dari Afrika Mesir.

Pertandingan pertama, biasa masing-masing tim belum mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya. Faktor kehati-hatian dan juga nyaman bertahan , baru melakukan counter attack pada babak kedua.

Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov berharap pada peran para pemain senior dalam timnya untuk memenangi partai perdana kali ini.

Dalam pola 3-4-1-2, Rusia lebih fokus dalam perebutan lino tengah dengan menumpuk jumlah pemain lebih banyak dibanding lawannya.

Peran Dzagoev sebagai penyerang lubang di belakang kedua strikernya yaitu Golovin dan Smolov dimaksudkan untuk mencuri peluang pada saat terjadi kemelut di mulut gawang kiper Abdullah.

Pada saat melakukan tekanan, tidak jarang pemain lini belakang timnas Rusia semacam, Kutepov ikut naik membantu serangan dengan memanfaatkan postur tubuhnya yang jangkung dalam melakukan bola lambung.

Pengalaman kapten tim , kiper Akinfeev dalam menggalang lini pertahanan akan menjadi kunci, dalam menahan gempuran timnas Arab saudi.

Partai pembuka, lebih banyak berakhir imbang atau dengan skor tipis.

Faktor tuan rumah tentu akan dimaksimalkan oleh Dzagoev dkk. Sementara Arab Saudi justru bagus permainannya saat memasuki babak kedua.

Hasil imbang lebih dimungkinkan, sementara jika mampu mencuri gol, bisa jadi wakil Asia tersebut akan memenangi partai pembuka. (*)

Oleh Bung Chris

Loading...