Hari ke-2 Lebaran, 768 Warga Pilih ke Lapas

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Open house bagi warga binaan (narapidana) yang dibuka pada hari ke-2 Idul Fitri 1439 Hijriah, Sabtu (16/6/2018) dimanfaatkan oleh 768 anggota keluarga untuk berlebaran di Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang.

Anggota keluarga para warga binaan sudah menunggu di depan pintu gerbang yang dibuka pukul 09.00 WIB. Dari 768 pengunjung, terbagi menjadi 180 laki-laki, 281 perempuan dan 307 anak-anak. Hari itu, Lapas memberikan kesempatan bertemu dengan warga binaan hingga 6,5 jam. Open house berakhir pukul 15.30 WIB.

Warga antre di depan pintu gerbang. Mereka harus melalui pemeriksaan petugas keamanan, termasuk barang bawaan yang akan dibawa masuk. F-ist

Jumlah warga binaan yang mandapatkan kunjungna di open house itu berjumlah 220 orang. Guna mengamankan open house, 22 petugas keamanan disiagakan. Mereka adalah, 10 orang petugas keamanan, 10 orang petugas piket kunjungan, satu bantuan dari Polsek Gunungkijang dan satu lagi dari Koramil Bintan.

Keterangan Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Misbahuddin Bc IP SSos MM kepada suarasiber, Sabtu malam, open house diadakan di Ruang Kunjungan dan Lapangan Serba Guna Lapas.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Open house ini memang kami adakan untuk memberi kesempatan warga binaan dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan anggota keluarganya,” tutur Misbahuddin.

Tidak ada barang bawaan anggota keluarga warga binaan yang luput dari pemeriksaan alat pemindai. F-ist

Pembesuk dari luar mendaftarkan diri di Ruang Pendaftaran dan Pelayanan Kunjungan. Satu persatu mereka bertemu dengan anggota keluarga yang menjalani hukuman. Pertemuan para warga binaan dan keluarga berlangsung penuh kehangatan.

Apalagi open house dilaksanakan dalam suasana lebaran, tak sedikit isak tangis terlihat dari kerumunan. Warga binaan meminta maaf kepada anggota keluarganya, dan sebaliknya. Selanjutnya mereka menyantap makanan yang dibawa, setelah melalui pemeriksaan petugas. (mat)

Loading...