Prediksi Macetnya Pasokan Gas 3 Kg Dinilai Prematur

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Adanya prediksi yang mengatakan bakal terjadi kemacetan pasokan gas 3 kilogram mendapatkan tanggapan. Pernyataan ini dianggap terlalu prematur.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto, Kamis (24/5/2018).

Dikatakan Teguh, kuota gas 3 kilogram untuk Kota Tanjungpinang pada tahun 2018 sebanyak 6.081 MT (metrik ton), dinilai telah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kelompok masyarakat sasaran dan UMKM di Kota Tanjungpinang.

“Bahkan Pertamina telah mencadangkan tambahan kuota sebesar 10 sampai dengan 13 persen dari yang telah ditetapkan. Kami harap masyarakat tidak perlu khawatir, karena dipastikan tidak ada gangguan terhadap persediaan dan distribusi gas 3 kilogram ke Tanjungpinang. Kalau ada yang mengatakan pasokan gas bakal macet, bisa dianggap prediksinya terlalu prematur,” ungkap Teguh.

Sejauh ini, pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri belum menerima atau mendengar laporan mengenai adanya kesulitan masyarakat membeli gas 3 kilogram. Dalam pengamatan petugas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, pasokan gas 3 kilgoram ke pangkalan-pangkalan masih lancar. Kalau pun terdapat kekosongan, sifatnya hanya sementara menunggu datangnya pasokan baru dan hal tersebut tidak memakan waktu berhari-hari hingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Terkait gas, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs Riono MSi telah menggelar rapat koordinasi bersama Branch Manager Marketing Pertamina Kepri, pada tanggl 23 Mei. Hasilnya, Pertamina memastikan pasokan dan distribusi gas 3 kilogram ke Kota Tanjungpinang terjamin.

Pihak yang menyatakan dugaan pasokan gas 3 kilogram bakal macet dinilai dapat menimbulkan kekhawatiran masyarakat tanpa sebab yang jelas. Sebab kuota gas 3 kilogram sendiri telah lebih dari cukup. Saat ini saja Pertamina telah menambahkan sebanyak 8 persen dari kuota yang ada, atau sekitar 13.440 tabung gas 3 kilogram. Jumlah tersebut bahkan sewaktu-waktu dapat ditambah jika dirasa perlu. (mat)

Loading...