free page hit counter

Bupati Bintan Menari Makyong, Mengundang Decak Kagum

JOGET Opera Mak Yong, mungkin sebagian warga Kepri tahu. Kalaupun tidak pernah menyaksikannya langsung, banyak literatur yang bisa dibaca. Namun jika pelakonnya adalah Bupati dan Sekda, dipastikan menjadi pusat perhatian.

Kocaknya penampilan Bupati Bintan H Apri Sujadi SSos, Sekda Drs Adi Prihantara MM dan beberapa Kepala OPD Pemkab Bintan saat membawakan Opera Mak Yong.

Demikianlah yang terjadi saat pawai pembukaan MTQ VII Tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga, Selasa (8/5/2018). Bupati Bintan, H Apri Sujadi SSos dan Sekda Bintan Drs Adi Prihantara MM memerankan Opera Makyong di depan tamu undangan yang diisi para pejabat serta ribuan warga yang berdiri di tepi jalan.

Bupati Bintan, H Apri Sujadi SSos tampak gembira bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Hj Deby Maryanti.

Aksi kedua pejabat Bintan ini mengejutkan penonton pawai taaruf. Aksi Bupati dan Sekda Bintan pun mengundang decak kagum.

“Mak Yong merupakan salah satu warisan kesenian tradisional Melayu yang masih terus dilestarikan di Kabupaten Bintan, kita tampilkan sebagai salah satu ikon sendratari Kabupaten Bintan,” terang Bupati Bintan H Apri Sujadi SSos.

Suasana yang kental dengan budaya Melayu, ditunjukkan para peserta pawai taaruf MTQ VII Tingkat Privinsi Kepri dari Bintan.

Mungkin tidak banyak yang mengira atas kejutan yang ditampilkan oleh Bupati, Sekda dan juga Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Hj Deby Maryanti. Ketiganya menari tanpa canggung di hadapan begitu banyak mata yang memandang. Suasana pun riuh.

Para kafilah dari Kabupaten Bintan, berangkat dengan jiwa menjunjung tinggi sportivitas.

“Mungkin ini sebuah sejarah, seorang Bupati menari Mak Yong. Ini sebagai ajang promosi dunia pariwisata kita,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira.

Kafilah Kabupaten Bintan menyapa warga yang berdiri di sepanjang jalan yang dilewati pawai taaruf.

Makyong adalah salah satu kesenian pertunjukan lama yang berasal dari Pulau Bintan, tepatnya di Pulau Mantang, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan. Makyong Pulau Bintan mempunyai ciri khas dan identik dengan para pelakon yang menggunakan topeng dalam pementasan.

Meski mengenakan busana Melayu, para kafilah Kabupaten Bintan tetap lincah membawakan tarian dengan kompang di tangan.

“Di Bintan, memang topeng Mak Yong menjadi keunikan tersendiri. Kita sangat menjunjung tinggi nilai budaya. Pementasan kemarin juga mengikutsertakan semua Kepala OPD dan Camat beserta istri dalam menarikan tarian Melayu. Kemeriahan itu adalah milik kita semua masyarakat Kepulauan Riau,” sambung Luki. ***

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •