Buka Bersama dan Sanlat di Lapas Narkotika Kelas II Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Datangnya bulan suci Ramadan memberi nuansa religi yang lebih kentara di lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Jalan Dr Sahardjo SH nomor 3, Kampung Banjarbaru, Batu 18, Kijang, Bintan.

Para pejabat menunggu waktu berbuka puasa beerama tiba. Ada kebersamaan yang hangat dalam kesempatan ini.

Dan pada Kamis (24/5/2018) di tempat ini diadakan dua kegiatan. Pertama adalah pembukaan pesantren kilat (Sanlat) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dengan kegiatan ini diharapkan para warga binaan bisa lebih merasakan hadirnya bulan Ramadan yang penuh berkah.

Kedua, adalah buka puasa bersama dalam rangka Safari Ramadan Kepala Kantor Wilayah kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau.

Pengalungan tanda peserta Pesantren Kilat (Sanlat) menjadi prosesi pembukaan berlangsungnya Sanlat dan berbuka puasa bersama.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Misbahuddin kepada suarasiber menjelaskan, para warga binaan mengikuti sanlat dengan sungguh-sungguh.

“Melalui pesantren ini diharapkan keimanan dan ketakwaan warga binaan semakin meningkat,” pinta Misbahuddin.

Menyantap menu berbuka puasa bersama para warga binaan.

Sedangkan tujuan lebih luas diselenggarakannya sanlat ini ada tiga. Yaitu meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan warga binaan tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan lain, memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Alquran.

Berfoto bersama pejabat dan peserta Sanlat.

“Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya,” jelas Misbahuddin menyebut tujuan Sanlat nomor tiga. (mat)

Loading...