Sambut UN, SMPN 4 Tanjungpinang Gelar Salat Duha Berjamaah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Halaman SMPN 4 Tanjungpinang di Jalan Basuki Rahmat, Jumat (6/4/2018) pagi dipenuhi 1.000-an siswa. Mereka mengenakan pakaian untuk salat. Pagi itu memang diadakan salat duha berjamaah.

Dimulai pukul 07.00 WIB, semua peserta melantunkan surah Ad Duha, kemudian dilanjutkan salat duha berjamaah. Bukan hanya siswa, guru juga ikut kegiatan ini. Salat duha dilakukan empat rakaat, tiap dua rakaat salam.

Kepala SMPN 4 Tanjungpinang, Muhammad Dirman menyampaikan kata sambutan. F-ist

Kepala SMPN 4 Tanjungpinang, Bapak Muhammad Dirman dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapan spiritual siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional maupun ujian sekolah. Meski ditujukan untuk kelas IX, namun kelas VII dan VIII juga ikut kegiatan ini.

“Semoga Allah memberikan kemudahan kepada anak anak dalam menjawab soal ujian sehingga mencapai hasil yang gemilang,” harapannya.

Ustaz H Sofyan memberikan ceraham agama kepada para siswa, khususnya kelas IX agar fokus menghadapi ujian. F-ist

Berikutnya penceramah agama, Bapak H Raja Sofyan memberikan pencerahan kepada peserta salat duha berjamaah. “Pentingkan ujian dahulu, jangan pacaran. Disiplin belajar,” pesan Bapak Sofyan.

Gaya penyampaian materi ceramah agama yang ringan, santai dan tidak terlalu rumit membuat siswa dengan mudah menerima pesan itu. Dan doa yang dipimpin Bapak Sofyan menimbulkan suasana haru karena mengingatkan kepada siswa akan kesalahan yang dibuat.

Doa yang dibacakan Ustaz H Sofyan membuat sebagian besar siswa terharu. F-ist

“Jadilah insan yang bisa menginstropeksi diri sendiri dan menjadi lebih baik,” tambah Bapak Sofyan.

Acara diakhiri dengan penyerahan piala kepada 8 siswa sekolah ini yang berprestasi di berbagai bidang dalam ajang FLS2N, OSN dan Olahraga.

Sebelumnya, Kamis (5/4/2018) siswa kelas IX SMPN 4 Tanjungpinang juga turut hadir di Masjid Agung Alhikmah untuk istigasah bersama sekolah lain se-Tanjungpinang. Sementara besok, Sabtu (7/4/2018) siswa SMPN 4 Tanjungpinang juga akan mendapatkan motivasi di aula sekolah.

Foto: SMPN 4 Tanjungpinang, Narasi: M Farand Ilalang, siswa kelas IX.3

Loading...