Wow, Tour de Bintan Sekelas Dubai Tour

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Dilepas Menteri PAN dan RB, Asman Abnur, di Terminal Simpang Lagoi, Bintan, Sabtu (24/3/2018), 1.200-an peserta Tour de Bintan 2018 memulai lomba.

Tour de Bintan 2018 diikuti pebalap dari 44 negara dengan usia antara 16 hingga 71 tahun. Disampaikan oleh Menteri PAN dan RB, berdasarkan keterangan dari asosiasi sepeda dunia, Union Cycliste Internatioanale (UCI), Tour de Bintan adalah lomba balap bertaraf internasional.

“Dari lampiran UCI, kelas Grand Fondo World Championship Series hanya ada dua di Asia. Dubai Tour dan Tour de Bintan. Makanya kami dorong bersama kegiatan ini. Jaga kemananan, jaga pariwisata dan tingkatkan persatuan,” pesan Asman Abnur.

Dubai Tour merupakan lomba balap sepeda yang diselenggarakan di Dubai. Dimulai tahun 2014 silam, Dubai Tour juga lomba tahunan. Sama seperti Tour de Bintan, Dubai Tour juga bagian dari UCI Asia Tour.

Wakil UCI, Dato Amarjir Singh Gill dari Singapura mengatakan, pelaksanaan Tour de Bintan 2018 sudah bagus. Lewat Singh, Uci menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bintan dan sejumlah pihak yang bekerja keras menyiapkan kegiatan ini.

“Pemenang Tour de Bintan 218 akan mengikuti seri Grand Fondo Internasional di Italia, Agustus mendatang,” ujar Singh.

Kegembiraan juga dirasakan Bupati Bintan, Apri Sujadi, yang mengatakan ada sekitar 7 ribu kunjungan ke Bintan terkait Tour de BIntan 2018. Pendapatan berkisar Rp7 miliar.

“Oleh karenanya, harus kita tingkatkan guna mendongkrak pendapatan daerah,” kata Bupati.

Sejumlah pejabat dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomipda) Kabupaten Bintan dan Provinsi Kepri tampak hadir di kursi undangan.(mat)

Loading...