Nurdin: Alhamdulillah 27 Maret Saya Ada Wakil Gubernur

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menyusul Keputusan Presiden Nomor 44/P/2018 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Maret 2018, Isdianto akan dilantik sebagai Wakil Gubernur Kepri di Istana Negara, Jakarta, 27 Maret mendatang.

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun pun mengucapkan, “Alhamdulillah, 27 Maret saya sudah ada wakil Gubernur.” Kalimat ini disampaikan Gubernur saat konferensi pers di lantai dasar Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (22/3) siang.

Konferensi pers dilakukan usai Gubernur bertemu dengan Mendagri. Mendagri didampingi Dirjen Otda Sumarsono dan Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Dari Kepri hadir juga Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan Wakil Gubernur terpilih Isdianto.

Nurdin mengatakan, sebagai prajurit, dia tentu akan mengamankan semua ini. Nurdin menegaskan dia akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Ke depan, tentu dengan koordinasi bersama Ketua DPRD, anggota DPRD dan Wakil Gubernur.

Menurut Nurdin, kehadiran wakil gubernur ini akan dapat membantu kerja-kerja ke depan. Ia mengakui agak kewalahan menakhodai Kepri sendirian. “Kami mohon doa dari masyarakat semua supaya kami bisa bekerja secara maksimal. Jangan ada menerjemahkan lain-lain lagi,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, kehadiran Wagub membuat dia bisa juga menikmati waktu-waktu istirahat. Demikian juga dengan pembagian kegiatan. Apalagi dalam pertemuan dengan Mendagri, kata Nurdin, Ketua DPRD menyampaikan bahwa dirinya sangat sering berada di lapangan.

Pelantikan ini juga, menurut Nurdin mengakhiri spekulasi yang berkembang di masyarakat. Bahkan beberapa kelompok masyarakat sering menanyakan kapan pelantikannya. Nurdin mengatakan dia selalu menjawab bahwa semua itu berproses di Kementerian Dalam Negeri.

Soal berproses di Kemendagri juga ditegaskan Dirjen Otda Sumarsono. Lamanya proses ini ada pada regulasi. Peran Gubernur itu sifatnya administratif saja.

“Dari sekian daerah yang terkesan kok lama dan disalahkan gubernunya seolah gubernurnya menghambat, gubernurnya tidak mau ada wakil, kasihan gubernunya. Padahal gubernurnya cuma administratif. Kemudian prosesnya ada di Kemendagri,” kata Sumarsono.

Sumarsono menyampaikan, sekarang Menteri hanya ingin memastikan bahwa proses ini selesai. Setelah proses ini, Menteri mengharapkan, Gubernur, Wagub dan DPRD memberikan contoh Kepri adalah model pemerintahan yang harmonis dan terbaik di Indonesia.

“Jangan seperti Kalimantan Utara. Insya Allah 27 (Maret) pelantikan. Setelah itu mulai bekerja membangun Kepri yang berjaya,” kata Sumarsono.

Jumaga Nadeak menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Mendagri dan Dirjen Otda dengan terbitnya Keppres ini. Dia berharap Gubernur dan Wakil Gubernur saling mendukung dalam hal pelaksanaan pembangunan. (mat)

Loading...