Merebut Adipura Lagi Lewat Kelompok Sadar Sampah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza MM ingin Dinas Lingkungan Hidup Humas membentuk Kelompok Sadar Sampah. Hal ini sebagai salah satu kiat agar Tanjungpinang menyabet Adipura lagi.

Raja menyampaikannya saat rapat koordinasi persiapan pantau kedua (P2) Adipura Tahun 2018 di Ruang Rapat Raja Haji Fisabilillah Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kamis (1/3/2018).

“Kelompok ini memberikan informasi terkait masalah kebersihan di lingkungannya masing-masing. pembentukannya bisa dimulai di Tanjungunggat, Pelantar 1, 2 dan 3. Harus dibuat komitmen untuk mengawasi persampahan,” tegas walisongo alias wali kota yang hanya menjabat selama 9 bulan ini.

Ia memandang perlu adanya sinergitas antara petugas kebersihan dan stakeholder terkait. Agar pengelolaan dan pemanfaatan sampah ini dapat dilakukan secara cepat.

Kepala DLH, Yuswandi SH, memaparkan persiapan pantau 2 Adipura. “Pantau 1 November lalu kita lolos dengang nilai 75,61. Tim Pantau 2 tersebut akan ke Tanjungpinang untuk melakukan penilaian pada tanggal 8-13 Maret 2018,” jelasnya.

Namun di beberapa tempat dan titik pantau terdapat nilai di bawah 75. Diantaranya Ruang Terbuka Hijau di Jalan Teuku Umar, penataantrotoar di Jalan Ahmad Yani, Jalan Tugu Pahlawan, dan Jalan Adi Sucipto.

Kemudian wilayah permukiman pesisir yang terdapat pasang surut air seperti di wilayah Tanjungunggat yang merupakan wilayah yang menjadi fokus persampahan. Kemudian di sarana pendidikan, di SMPN 4 terkait pengomposan dan pemanfaatannya.

“Untuk itu harus diatur strategi untuk memperbaikinya,” kata Yuswandi. (mat)

Loading...