Win Long Cirinya Mirip Kapal Ketiga yang Diduga Bawa Narkoba

Loading...

KARIMUN (suarasiber) – Diperiksanya kapal Win Long BH2998 oleh Satgas dari Polri dan Bea Cukai berawal dari informasi ada tiga kapal yang diduga membawa narkoba. Kapal pertama dan kedua sukses ditangkap dengan muatan sabu, sementara ciri kapal ketiga ada pada Win Long.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Kepri Rusman Hadi, mengatakan informasi yang diterima pihaknya ada tiga kapal yang diduga membawa narkoba. “Ini adalah kapal ketiga. Kita tahu kapal pertama dan kedua yang ditangkap sebelumnya memang membawa narkoba. Win Long ini ciri-cirinya mirip dengan kapal ketiga yang kami terima informasinya,” jelas Rusman, Senin (26/2/2018) malam.

Menurutnya, tindakan merespons informasi adalah upaya untuk menghindari masuknya narkoba. Tentu dengan razia dan target yang sudah dilacak. Mengenai dugaan narkoba sudah dipindah ke kapal lain dalam perjalanan di tengah laut, ia memastikan tidak terjadi.

“Kapal juga sudah kami lacak, tidak ada kegiatan ship to ship yang dilakukan kapal tersebut,” tambah Rusman.

Senin malam, semua barang yang dikeluarkan sudah dimasukkan kembali ke kapal Win Long. Selanjutnya kapal ini boleh berlayar sesuai kesiapan anak buah kapal.

Kemungkinan tuntutan dari pihak Win Long, Rusman mengatakan pengamanan Bea Cukai terhadap kapal dan ABK-nya sesuai prosedur. “Insyaallah tak ada. Mereka tidak kita tahan, juga tidak menyangkakan. Kita juga tak menyita barang mereka,” jelasnya.

Aktivitas muat ulang barang ke kapal Win Long sudah dimulai Senin siang hingga malam. Muatan dari Gudang Abun dimasukkan kembali ke kapal yang akan bertolak ke Afrika itu melalui jalur laut. (adi)

Loading...