Awe Tarik Triliunan Rupiah dari Tiongkok ke Lingga

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebelum meletakkan jabatannya sebagai Bupati Lingga, Alias Wello memastikan iklim investasi dari dalam dan luar negeri di Lingga tumbuh pesat. Salah satunya investasi bernilai triliunan rupiah dari Tiongkok yang akan membangun smelter di Singkep.

“Tinggal presentasi. Ini bukan calo tapi investornya langsung,” kata Alias Wello yang akrab disapa Awe menjawab suarasiber.com, kemarin.

Sesuai target yang dicanangkan, tahun 2018 yang menjadi ketiga kepemimpinannya bersama M Nizar sebagai wabup, adalah tahun investasi. Tahun pertama untuk konsolidasi. Dan, tahun kedua penguatan program.

“Tahun ketiga ini kita fokus ke investasi,” ucapnya.

Investasi di bidang pertanian sawah sudah berjalan, perkebunan kelapa sedang berjalan, perkebunan buah-buahan terluas di Kepri juga sudah jalan. Bidang perikanan dijadwal tahun 2018 ini masuk investasi dari dalam negeri dan asing.

“Bangun tambak masing-masing 1.000 hektare di Lingga Utara dan Singkep. Lengkap dengan semua fasilitasnya. Padat teknologi. Nilainya triliunan rupiah,” jelas Awe, sembari menambahkan tahun 2018 ini investasi perikanan itu mulai dilaksanakan.

Selain investasi disebut di atas, investasi pengelolaan air bersih yang melimpah di Lingga juga sudah masuk tahap bussiness plan dan rencana aksi (action plan). Eksploitasi air bersih ini masih menjadi PR bagi Awe. Sama halnya dengan migas lepas pantai.

“Sudah tawarkan ke mana-mana tapi belum ada yang tertarik,” ujarnya. (mat)

Loading...