350 Peserta Berebut Juara Festival Jong Race Utara

Loading...

TEMBELING (suarasiber.com) – Tantangan yang dibuat panitia, lokasi dan suasana Pantai Keter, Kelurahan Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan menjadikan Festival Jong Race Utara diserbu ratusan peserta. Apa sih keunikannya?

Menurut keterangan Kadis Parisiwata Pemkab Bintan, Luki Zaiman Prawira, Jumat (9/2/2018) di lokasi kegiatan, keunikan Festival Jong Race Utara di Pantai Keter ialah jaraknya.

“Jarak yang harus ditempuh jong peserta sekitar 500 meter. Tetapi, jong tidak dilepas di laut, melainkan di daratan. Di seberang Pulau Keter. Itulah tantangan dan keunikan lomba ini,” kata Luki.

Ditambahkan Luki, peserta yang mendaftar 350 orang. Berasal dari berbagai daerah di Provinsi Kepri. Sebenarnya jumlah pendaftar berlebih, namun terlambat. Lomba serupa juga akan dilaksanakan di sejumlah tempat di Bintan.

Jong adalah budaya tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Dan sangat beralasan jika Pemkab Bintan memberikan perhatian dengan menyelenggarakan lombanya. “Agar budaya-budaya ini dapat terus dinikmati oleh setiap generasi,” kata Luki.

Festival Jong Race Utara tahun 2018 sendiri dibuka oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam. Lomba selama tiga hari ini juga disejalankan dengan lomba lagu Pop Yee Yee.

“Untuk melestarikan budaya yang telah ada sejak dahulu kala ini butuh keseriusan. Dinas Pariwisata telah membuktikannya. Dua kali diselenggarakan, dan semuanya sukses,” kata Dalmasri.

Ke depan, ada harapan Wabup agar pesertanya lebih banyak. Jika itu memungkinkan, bukan hanya dijadikan agenda tahunan namun bisa menjadi ikon pariwisata baru Bintan.(mat)

Loading...