LAKIP Bintan Dapat Predikat B Lagi

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Keberhasilan Pemkab Bintan meraih predikat B Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) pada 25 Januari 2015 lalu kembali dicapai tahun ini.

Jika pada 2015 silam penyerahan diterima Sekda Bintan yang waktu itu dijabat Ir Lamidi dan diserahkan oleh Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi di Jogja Expo Centre, Ruang Yudhistira Hall, Yogyakarta, penyerahan penghargaan untuk tahun 2018 dilaksanakan di Batam.

Sekda Bintan, Adi Prihantara MM, mewakili Bupati Bintan, Apri Sujadi SSos menerima penghargaan dari Menteri PAN RB, Asman Abnur SE Msi, di aula Hotel Rodisin, Batam, Kamis (25/1/2018).

Baca Juga: TK Antam dan Gereja St Cosmas Dibangun Lagi

Dalam paparannya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, M Yusuf Ateh, mengatakan ada dua faktor penilaian dan evaluasi LAKIP tahun 2018. Pertama, belanja publik yang perlu ditekan karena keterbatasan sumber daya dan publik menuntut peningkatan kualitas dalam pelayanan, kedua faktor tersebut menjadikan seluruh provinsi dan kabupaten atau kota harus mampu mengefisienkan birokrasi melalui penerapan manajemen kinerja.

“Menetapkan tujuan atau prioritas yang jelas, mengukur pencapaian, menetapkan target dan mengaitkan tujuan dengan program dan kegiatan. Jika keempatnya dapat diterapkan maka akan menghasilkan good governance,” terangnya

Sementara Asman Abnur menyitir, pemerintahan zaman now harus mampu mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Seperti arahan Presiden Joko Widodo terkait permasalahan efisiensi birokrasi. Stop pemborosan anggaran, money follow program, e-goverment dan fokus kinerja bukan SPJ,” kata Asman.

Baca Juga: Semua Guru Kementerian Agama Dapat Insentif

Dengan demikian output yang dihasilkan adalah mampu menghemat jumlah anggaran yang dibelanjakan dari kegiatan-kegiatan yang tidak penting, anggaran hanya digunakan untuk membiayai program prioritas yang mendukung pencapaian pembangunan serta anggaran dapat menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat.

Sedangkan Sekda Bintan, Adi Prihantara MM mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang bekerja dengan baik dengan mengedepankan efisiensi kinerja. “Karena bekerja keras melakukan itu alhamdulillah dan pada tahun ini mampu mempertahankan predikat B,” ujar Adi.

Ke depan pemkab Bintan akan berupaya menerapkan arahan Presiden Joko Widodo seperti disampaikan Menteri PAN RB dalam sambutannya. (mat)

Loading...